Thursday, 3 February 2011

Pantaskah Gusdur Jadi Pahlawan?


K.H Abdurahman Wahid , mungkin kah beliau pantas menerima sebutan pahlawan yang harus dinobatkan oleh presiden?

K.H Abdurrahman Wahid atau yang biasa akrab di panggil “Gus Dur” pantas menerima sebutan pahlawan yang harus dinobatkan oleh presiden sebab: 1. Dapat diterima dari semua golongan ummat beragama dan beradat di Indonesia, 2. Pernah berkhidmat menjadi pemimpin Indonesia, 3. Menjadi bapak demokrasi di Indonesia, 4.Berjasa banyak untuk negeri Indonesia dan 5. Mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional , di antaranya adalah pendiri Shimon Perez Center For Peace di Israel (1994), presiden world conference on religion and pece (WCRP) di New york, presiden international Islamic Christian organization for reconciliation and reconstruction di London, presiden non violence peace movement di Seoul, Korsel dan masih banyak yang lain dan sangat sulit di peroleh oleh warga Indonesia.

Beliau juga banyak yang kontra terhadapnya, seperti Aliansi Pecinta syari’at yang selalu mengkritisi dan membeberkan tentang apa yang di lakukan oleh gusdur yang di anggap menentang syari’at islam. Padahal gusdur itu orangnya sangat nyeleneh(aneh) sehingga apa yang di lakukan oleh gusdur sangatlah misteri yang sulit di tebak oleh manusia biasa seperti kita. Dan juga banyak-banyak ormas-ormas lain kontra terhadap gusdur.

Pantas kah Gus Dur menjadi presiden? Itu rasanya pantas karena banyak sekali jasa-jasa Gus Dur yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan juga inetrnasional. Semoga dengan cepat dan segera presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menobatkan dan mengeluarkan keppres mengenai Gus Dur menjadi pahlawan. Jutaan ribu hingga mayoritas warga Indonesia menginginkan dan setuju bila Gus Dur menjadi pahlawan. Tapi ada yang berbeda dengan kebanyakan orang seperti halnya K.H Mustofa Bisri (Gus Mus) yang mengatakan bahwa bila Gus Dur tidak di tetapkan sebagai pahlawan, toh Gus Dur pun sudah menjadi pahlawan selama ini bagi warga Nahdliyin dan Indonesia.

Menyoroti masalah pantaskah Gus Dur menjadi pahlawan. selayaknya pantas tetapi ten-tang keputusan presiden untuk Gus Dur menjadi pahlawan dan itu semua tergantung presiden SBY. Semoga dengan cepat dan segera Gus Dur di tetapkan oleh presiden menjadi pahlawan.

Kudus, 2010

*dimuat etTasywiq MA NU TBS Kudus

0 tanggapan:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html