Sunday, 6 March 2011

Lingkungan, Penyebab Utama Kenakalan Remaja???


Sementara itu, disodori pertanyaan terakhir tentang penyebab utama dari kenakalan remaja, dari sekian responden el_Insyaet yang berjumlah 80 pelajar perwakilan dari tiap sekolah di daerah Kudus ternyata 54% Resya menempatkan “Lingkungan” sebagai penyebab utamanya. Sedangkan penyebab dari teman bertengger di urutan kedua(21% Resya) dan penyebab lain-lain berada pada posisi ke tiga(15% resya). Di posisi terakhir resya menempatkan penyebab dari’Orang tua”lah dengan prosentase 10% dari Resya.

Syuga Eugenia Invicta salah satu resya yang menyalahkan lingkungan sebagai penyebab utama dari adanya kenakalan-kenakalan pada remaja. Siswa yang berdomisili di SMA N 1 Kudus ini beralasan, ”Jika remaja sudah di didik sedemikian rupa tapi penerapannya di lingkungan yang tidak mendukung pastilah para remaja terkontaminasi lingkungan buruk tersebut”. Hal senada juga di ungkapkan M. Mustain Alfian ,”Lingkungan adalah faktor yang paling dominan penyebab kenakalan remaja , karena lingkunganlah yang membentuk pribadi psikologis seorang remaja.” Ungkap Siswa XI B MA Qudsiyyah ini.

Sedangkan , dari 21% Resya memilih opsi penyebab dari teman. Di mulai dari suara M.Hasan Shiddiq, ”Biasanya remaja itu suka ikut-ikutan, low ke barat ikut ke barat, low ke timur ikut ke timur juga. Jadi kalau temannya baik ikut baik, tapi kalau temannya nakal, maka dia akan terpengaruh nakal juga tho…!”ujar Siswa XI Bahasa 1 MA NU TBS ini. Dukungan pun mengalir dari saudara Ajnabiyahnya, Nurin Nuzulia. ”Karena……. remaja sekarang tuh ingin menunjukkan kesetia kawanannya pada plend-plendnya. Meskipun itu melakukan hal-hal negative.”Ujar Siswi XI IPA 1 MA Muallimat dengan santainya.

Berbeda dengan itu, Novia Putri Rahmawati lebih memilih opsi bahwa yang menjadi faktor utama adalah diri sendiri dan juga sekitarnya. ”Menurut saya , semua factor dapat mempengaruhi, karena remaja itu dalam tahap perkembangan dan masih labil. Apa yang dihadapi, apa yang dilihat menjadi contoh bagi kebiasaannya sehari-hari, Always Be Better, Ok……..” Ungkap Siswi yang menjabat Ketua I OSIS MA NU Banat Kudus ini.

Elok Faiqoh, Siswi X-10 MAN 2 Kudus ini mempunyai statement yang lain. Ia lebih memilih “orangtua” lah yang berpengaruh atas kenakalan remaja. ”Pendidikan yang pertama kita dapat dari orang tua” ujarnya. Dukungan pun datang dari Fadlu Sya’ban, ia ber’illat ”Orang tua lupa anaknya. Guru lupa tujuannya. Remaja lupa-lupa ingat(kayak lagunya kuburan aja.Red).” Ungkap Santri PPRM Jagalan dengan gampangnya. [A_Ra]

0 tanggapan:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html