Sunday, 6 March 2011

Negeri Terkaya di Dunia


Dari sekian juta penduduk dunia sebenarnya banyak yang tidak tahu dimanakah negara terkaya di planet bumi ini.

Banyak dari penduduk bumi ini tidak mengetahui letak negara terkaya di dunia. Ada yang mengatakan Negara terkaya adalah Amerika. Ada juga yang mengatakan negara-negara di timur tengah. Memang secara resmi opini mereka tidak salah sebenarnya. Contohnya saja negara paman sam Amerika. Negara super power itu memiliki tingkat kemajuan teknologi yang hanya bisa disaingi segelintir negara yang mungkin bisa dihitung jari. Contoh lain lagi adalah negara-negara di timur tengah. Rata-rata negara yang tertutup gurun pasir dan cuaca yang menyengat itu mengandung jutaan barrel minyak yang siap untuk diolah. Tapi dari sekian opini yang diutarakan oleh mayoritas manusia yang bisa hidup didunia, itu semua belum cukup untuk menyamai negara yang satu ini. Bahkan negara yang sebesar Amerika ataupun negara-negara timur tengah serta Uni Eropa pun tak mampu menyamainya. Dan inilah negara terkaya di planet bumi yang luput dari perhatian seluruh warga bumi dan warga negara tersebut. Warga negara ini pastilah bangga jika mereka tahu. Namun disayangkan sekali karena mereka tidak sadar bahwa mereka sedang berdiri di atas nikmat Tuhan yang telah dilimpahkan penuh di negara ini.
Meskipun banyak makhluk di dunia ini baik itu hewan maupun makhluk halus tak bisa menerima bahwa negeri ini mendapat predikat sebagai negara terkaya di dunia. Karena alasan mereka cukup kuat untuk mengelak bahwa negara itu adalah negara terkaya. Alasan pertama yaitu negara itu sedang dalam kondisi terpuruk. Alasan kedua karena negara ini mempunyai hutang dimana-mana. Alasan berikutnya adalah kemiskinan, korupsi yang merajalela, kondisi moral bangsa yang kian menurun serta masalah-masalah lain yang sedang menyelimuti negara itu. Baiklah tanpa panjang lebar mari kita ulas semuanya. Satu persatu kita akan bahas sehingga kita bisa melihat kekayaan negara ini sesungguhnya.
1. Negara ini punya pertambangan emas terbesar dengan kualitas emas terbaik di dunia. ( PT Freeport )
Pertambangan ini telah mengasilkan 7.300.000 (Tujuh Juta Tiga Ratus Ribu) ton tembaga dan 724.700.000 (Tujuh Ratus Dua Puluh Empat Juta Tujuh Ratus Ribu) ton emas. Bila dikalkulasikan berupa uang dengan harga per gramnya emas sekarang. Anggap saja bila harga emas sekarang Rp. 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah) dikalikan 724.700.000 (Tujuh Ratus Dua Puluh Empat Juta Tujuh Ratus Ribu) ton emas atau 724.700.000.000.000 gram emas dikali Rp 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah) maka hasilnya adalah Rp.217.410.000.000.000.000.000,- . Nilai uang yang fantastis, dengan jujur saya mengatakan tidak sanggup untuk membaca nilai nominal tersebut. Itu hanya emas, belum lagi tembaga serta bahan mineral lainnya. Lalu siapa yang mengelola pertambangan ini ? Yang mengelola ini bukanlah negara ini melainkan Amerika. Prosentase pembagian keuntungan adalah 1% untuk negara pemilik tanah dan 99% untuk Amerika sebagai negara yang memiliki teknologi untuk melakukan pertambangan disana.
Bahkan ketika emas dan tembaga disana mulai menipis ternyata dibawah lapisan emas dan tembaga terdapat kandungan mineral yang harganya seratus kali lipat lebih mahal daripada emas tersebut. Tepatnya di kedalaman 400 meter ditemukan kandungan mineral yang bernama uranium.Uranium adalah bahan baku pembuatan bahan bakar nuklir. Belum jelas jumlah kandungan uranium yang ditemukan disana. Tapi kabar terakhir yang beredar, disana terdapat kandungan uranium yang cukup untuk membuat pembangkit listrik Nuklir dengan tenaga yang dapat menerangi seluruh bumi. Kabar tersebut dikemukakan oleh para ahli kandungan uranium yang kepandaiaannya jauh melebihi dari kepandaian kita.
Freeport banyak berjasa bagi segelintir pejabat negara ini. Para jenderal dan juga para politisi busuk yang hanya bisa menikmati hidup dengan bergelimang harta dengan memiskinkan bangsa ini.Mereka juga membiarkan saudara-saudara sebangsa dan setanah airnya terlantar sengsara dan tak dapat menikmati kekayaan bangsanya yang telah dikaruniakan tuhan pada warganya. Mereka ini tidak lebih baik daripada seekor lintah yang suka menyiksa orang perlahan dengan penuh kesakitan.
2. Negara ini punya cadangan gas alam terbesar di dunia. ( Blok Natuna D Alpha)
Kandungan gas di daerah ini merupakan kandungan gas terbesar di dunia. Tepatnya terdapat di daerah Natuna. Kandungan gas di Blok Natuna D Alpha memiliki cadangan gas hingga Dua Ratus Dua Triliun kaki kubik. Dan masih banyak Blok-Blok penghasil tambang dan minyak seperti Blok Cepu dll. Namun sayangnya semuanya yang mengelola bukanlah negara ini. Melainkan Exxon Mobilah yang mengelola tersebut dan dari pihak negara ini (Pertamina) hanya bisa membantu saja tanpa berperan banyak pada proyek itu.
3. Negara ini punya Hutan Tropis terbesar di dunia.
Hutan tropis ini memiliki luas 39.549.447 Hektar dengan keanekaragaman hayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia. Letaknya di pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Sebenarnya jika negara ini menginginkan kiamat sangat mudah saja. Dengan cara menebang pohon-pohon di hutan tropis tersebut maka semua makhluk di muka bumi ini akan musnah. Karena bumi ini sangat tergantung sekali dengan hutan tropis ini untuk menjaga keseimbangan iklim. Karena hutan hujan amazon tak cukup kuat untuk menyeimbangkan iklim bumi. Dan sekarang para manusia sedikit demi sedikit telah mengkancurkanya. Hanya untuk segelintir orang yang punya uang untuk perkebunan dan lapangan Golf yang sebetulnya tak ada faedahnya sama sekali. Sungguh sangat ironis sekali.
4. Negara ini punya Lautan terluas di dunia.
Negara ini memiliki luas laut yang terbesar di dunia. Selain memiliki laut terluas , negara ini juga dikelilingi dua samudra, yaitu samudera Pasifik dan samuder Hindia. Hingga tidak heran bila memiliki jutaan spesies ikan yang tidak dimiliki negara lain. Saking kayanya laut negara ini. Sampai-sampai negara lain pun ikut memanen ikan di lautan negara ini.
5. Negara ini punya jumlah penduduk terbesar ke 4 didunia.
Dengan jumlah penduduk segitu harusnya banyak orang-orang pintar yang telah diproduksi negara ini, tapi pemerintah menelantarkan mereka-mereka. Sebagai sifat manusia yang ingin bertahan hidup tentu saja mereka ingin di hargai. Jalan lainya adalah mereka keluar dari negara ini dan memilih membela negara lain yang bisa menganggap mereka dengan nilai yang pantas.
6. Negara ini memiliki tanah yang sangat subur.
Karena memiliki banyak gunung berapi yang aktif menjadikan tanah di negara ini sangat subur. Terlebih lagi negara ini dilintasi garis katulistiwa yang banyak mengandung sinar matahari dan hujan. Jika dibandingkan dengan negara-negara timur tengah yang memiliki minyak yang sangat melimpah. Negara ini tentu saja jauh lebih kaya daripada Negara timur tengah. Coba kita semua bayangkan yang ada di negara ini. Karena hasil mineral itu tak bisa diperbaharui dengan cepat. Dan ketika seluruh minyak mereka telah habis maka mereka akan menjadi negara yang miskin karena mereka tidak memiliki tanah sesubur negara ini yang bisa ditanami apapun juga.
7. Negara ini punya pemandangan yang sangat eksotis.
Lagi-lagi tidak ada satupun negara yang bisa menyamainya. Dari puncak gunung hingga ke dasar laut bisa kita temui di negara ini.

Negara ini sangat amat kaya sekali, tak ada bangsa atau negara lain sekaya negeri ini. Jika kalian penasaran dengan siapa yang menjadi Negara terkaya. Saya akan mengeja satu persatu hurufnya. I – N – D – O – N – E – S – I – A. Tapi apa yang terjadi ? Negara tercinta kita Indonesia adalah Negara yang seharusnya mendapat predikat Negara terkaya di dunia. Akan tetapi gara-gara Exxon Mobil Oil, Freeport, Shell, PETRONAS dan semua pejabat negara yang menjual kekayaan Bangsa untuk keuntungan negara asing sehingga Negara kita tidak dapat menyandang predikat itu. Dan diucapkan banyak terima kasih pada mereka yang telah banyak menjual kekayaan Indonesia dan membiarkan Negara Indonesia beserta rakyat-rakyatnya hidup sengsara dan miskin.

disadur dari tulisan: Abdullah Badri

*dimuat di buletin madrasah NU TBS el_Insyaet edisi 43

0 tanggapan:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html