Tuesday, 8 March 2011

Upin-Ipin, Penghancur Bahasa Bangsa


Serial Kartun Upin Ipin tentunya banyak dari para pembaca yang sudah mengetahui tentang Kartun itu. Serial Kartun buatan Mohd. Nizam Abdul Razak, Mohd. Safwan Abdul Karim, Usamah Zaid, bekas mahasiswa dari Multimedia University Malaysia, dan para pemilik Les' Copaque, menjadi salah satu serial kartun yang digandrungi remaja dan anak-anak sekarang. Serial kartun yang ditayangkan di MNC TV, Indonesia, menjadi panutan para pemirsa MNC TV (mayoritasnya adalah warga Indonesia) dalam berbahasa. Padahal bahasa tersebut bukanlah bahasa resmi negara tercinta kita Indonesia, akan tetapi bahasa tersebut rasanya sudah melekat dilidah para remaja dan anak-anak negri kita.

“Betul-betul-betul” itu adalah salah satu contoh kata-kata yang sering saya dengar ditelinga saya dari orang sekitar saya. Saya sebagai pengamat budaya amatiran, merasa itu adalah sebuah kerugian yang sangat mahadahsyat. Harga diri negara kita sudah diinjak-injak oleh negara melayu terebut. Coba bayangkan, berapa banyak kejadian yang sudah dilakukan oleh negara tersebut kepada negara kita, baik pemerintahan, budaya, maupun rakyat negri kita. Selain bahasa anak negri kita yang sudah diporak porandakan Malasyia, banyak kejadian yang telah merugikan negara kita dari negri melayu tersebut:

1. Diwaktu dekat ini, tertanggal di bulan desember ketika ada perhelatan sepak bola AFF. Apa yang telah dilakukan oleh suporter malasyia terhadap pahlawan lapangan hijau TIMNAS Merah putih. Tentunya semua pembaca sudah mengetahui kejadian tersebut.

2. Pengklaiman akan budaya bangsa kita. Diantaranya adalah Reog ponorogo, mungkin itu cuman satu budaya yang ketahuan oleh kita atas pengklaiman budaya tersebut oleh mereka. Sedang yang tidak ketahuan berapa???? Bayangkan. Budaya kita adalah budaya terbaik di dunia.

3. Pengklaiman Pulau di tanah air kita. Banyak pulau di area perbatasan negri kita dan negri melayu tersebut yang telah diklaim negara malingsia(ups… kepeleset) tersebut.

4. Kasus manohara dan para TKI atau TKW yang di Malasyia. Dalam kasus ini dapat diambil kalau warga negara kita di malasyia itu mendapat pelayanan kehidupan yang tak terjamin.

Maaf, penulis sedikit menyangkut pautkan permasalahan Upin Ipin penghancur bahasa bangsa dengan semua kesakitan yang di alami Indonesia atas pelecehan dan kecurangan Malasyia. Disini penulis tidak bertujuan apa-apa kecuali agar semua warga negeri kita mau mengintropeksi diri, agar tidak mudah dijajah oleh negara lain dengan bahasa dan budaya mereka dan agar kita tidak mudah ditipu daya oleh negara tersebut.

Tenarnya serial Kartun Upin-Ipin adalah cambuk yang sangat keras pada bahasa negeri kita. Tak ayal, kejadian itu mengingatkan saya akan bahasa negara kita dan menjadikan hati saya ketakutan bagaimana kelanjutan bahasa tanah air ini bisa mengakar di jantung para warganya masing-masing.

Kenapa kita mau dijajah dengan bahasa mereka??? Padahal bahasa negeri kita adalah bahasa terbaik yang berbudi luhur. Malukah kita memakai bahasa kita??? Atau sekedar kita ikut-ikutan bahasa yang digunakan penjajah bahasa tersebut? Itu semua adalah PR bagi kita, bagi yang merasa warga negara RI, kalau yang tidak merasa ya………terserah.

Selain sisi negatif dari adanya serial kartun Upin Ipin di tanah air ini yang memperparah bahasa ibu pertiwi ini. Serial Kartun Upin-Ipin juga berpengaruh positif pada pengetahuan anak tentang agama islam. Namun dari sisi positif dan negatif yang ada. Realita yang kita temukan adalah sisi negatif yang lebih menonjol diperoleh anak bangsa negri ini, sedang sisi positif yang didapatkan hanyalah sekian persen saja.

*dimuat di buletin madrasah NU TBS el_Insyaet edisi 43

0 tanggapan:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html