Wednesday, 19 October 2016

Pada Sarung

pada sarung yang berhari-hari tak dicuci. aku menemui kisah yang kekal. menemui ingatan "utawi iki iku" yang bermuara kepada mim. melewati jalan kho'.

pada sarung yang berminggu tak diangkat dari rendaman. aku temukan aroma kasturi yang merupa alif. tegak lurusnya seperti saka panjer. yang menyangga kamar-kamar tidur, loteng, lorong, kamar mandi, kotak baju, yang penuh tumpukan sarung. di dalamnya, terdapat lipatan yang tak beraturan. celana dalam, singlet, kaos, baju koko, celana, kemeja, surban.

pada sarung yang berhari tak dicuci, berminggu tak diangkat dari rendaman. kami menyisakan sedikit do'a yang logikanya tak mampu dirumuskan. kecuali rumus berkah menyekap tubuh kami. kemudian merasai jiwa dan aliran darah. menjadi sikap dan laku.

pada sarung yang berhari tak dicuci, berminggu tak diangkat dari rendaman, berbulan tak diangkat dari jemuran. setidaknya syafaat masih menyisakan sedikit oase bagi dahaga kami di gurun yang penuh "uhuk-uhuk". "ahak-ahak" yang melingkari kami. "ohok-ohok" yang berjubel mendesak barisan jamaah kami. "ihik-ihik" yang melenakan sebagian dari kami. dan "ehek-ehek" yang mulai memasang bendera penjajahan bagi kami. ahok-ahok, ahik-ahik, ahek-ahek, ahuk-ahuk yang kemudian menjadi musuh bagi kelamin-kelamin surga.

setidaknya keberkahan masih setia memayungi dan menaungi kemanjaan yang kian menutupi segala tarekat-tirakat kiai-kiai.

pada sarung yang entah kemana perginya. sebab kami tak pernah merasa memiliki sendiri, kecuali kami sebagai benang yang bermushafahah satu sama lain. merajut diri menjadi sarung kebersamaan. dalam mim yang "utawi", kho' yang "iku". karena lam akan menunjukkan tegaknya alif diri.

pada sarung yang telah menyulam menjadi kebersamaan. kami masih percaya pada kiai-kiai.

pada sarung kiai-kiai, kami telah lahir dari persetubuhan kata-kata dan keberkahan tirakat yang tarekat.

Jl. Palagan km. 7,8, Muharram 1438

#hari_santri_nasional
#22_oktober
#resolusi_rahmat

0 tanggapan:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html