Saturday, 9 June 2018

Lulusan Rahim Ibu

Dahulu ketika masih di Madrasah Ibtidaiyyah (MI), Kang Dul memiliki kebiasaan ketika ditanya siapapun darimana” selalu menjawab tempat terakhir yang ia kunjungi. Meski tempat itu bukan menjadi sebab yang mempengaruhinya dalam bertindak. Hal itu ia sadari, malah dijadikannya sebagai trik menjawab pertanyaan dari ibunyaBu Fat namanya— ketika bertanya “mau kemana?” atau “dari mana?. Seringnya ia menjawab “mau ke masjid” atau “dari masjid”, agar tak ketahuan kalau ia hendak dan dari bermain bersama teman-temannya. Meski demikian, ia tak berani pulang sebelum pergi ke masjid terlebih dahulu, sekadar wudlu, kencing atau masuk keluar masjid saja.

Kalau kita terbiasa dengan multiple choice, kang Dul melakukan kebohongan atau kejujuran? Tentu jawabannya membuat kita saling berbenturan satu sama lain oleh kebenarannya masing-masing. Apalagi jika kebiasaan kang Dul sewaktu MI itu menjadi konsumsi publik saat ini. Jawabannya bisa benar, bisa salah, bisa bohong, bisa jujur. Tergantung bagaimana cara kita memandangnya. Jika kita memandangnya dari sudut pandang Bu Fat, tentu Kang Dul jujur, sebab data yang diinput Bu Fat hanya pergi ke masjid. Karena beliau tidak menanyakan selain masjid, pergi kemana lagi. Sementara itu, di sisi lain, teman-teman kang Dul yang mengetahui jawabannya kepada Bu Fat, akan menilai Kang Dul sebagai anak yang suka berbohong. Meski realitanya Kang Dul tidak bisa dikatakan bohong secara kata.

Membingungkan tidak? Sebenarnya tidak juga, asalkan kita memiliki data yang banyak, tidak sepenggal-penggal dan detail. Sebenarnya (juga) manusia tidak memiliki hak untuk menentukkan secara pasti, Kang Dul berbohong atau jujur, kecuali sekadar meraba-raba kebohongan dan kejujuran orang lain. Sebab kebenaran hanya datang dari Tuhanmu, maka jangan ada diantaramu yang menjadi bagian orang-orang yang khawatir. [1]

Saat ini, Boneng sedang memutar lagunya Nella Karisma judulnya “jaran goyang. Karyo memutar youtube, Nufi Wardana dengan lagu “asal kau bahagia”. Lek Teguh memutar lagu-lagu India. Tiba-tiba Kang Dul datang, memesan teh anget, langsung saja saya bertanya “Kang Dul, dari mana?”

“Dari rahim ibu.” jawabnya sembari menerima teh anget pesanannya.

Ahad Pon, 13 Dzulqo’dah 1438/ 6 Agustus 2017
-
[1]
Ayat Al Qur’an surat Al Imron: 60.
الحق من ربك فلا تكن من الممترين.

0 tanggapan:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html